Kegiatan Peringatan HKB (Hari Kesiapsiagaan Bencana) SMP Negeri 1 Panarukan

Kesiapsiagaan merupakan dasar dari upaya pengurangan risiko bencana yang bersifat aktif sebelum terjadinya bencana. Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dapat diukur dengan menggunakan parameter kesiapsiagaan. Parameter kesiapsiagaan digunakan untuk mempermudah dalam pengukuran kesiapsiagaan individu. 

Karena kesiapsiagaan bencana merupakan hal yang penting dan harus dibangun pada setiap tingkat kelompok dimasyarakat termasuk peserta didik di sekolah. Pengalaman menunjukan bahwa kehancuran akibat bencana dapat diminimalisis secara signifikan jika semua orang lebih siap menghadapi bencana.

Dengan demikian memberikan sosialisasi atau pendidikan mitigasi bencana alam dan non alam bagi siswa disetiap satuan pendidikan yang rawan bencana perlu segera dilakukan. Untuk rencana jangka panjang tentu perlu dimasukan pengetahuan tentang kebencanaan atau mitigasi bencana dalam kurikulum sekolah.

Menindak lanjuti Arahan Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada arara Pembukaan Rapat koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di lstana Negara, yang mengambil Terna "lakukan Simulasi Bencana Secara Rutin di Daerah·Daerah yang Rawan Bencana·, yang lmplementasi arahan terscbut diselenggarakan pada Hari Kesiapsiagaan Bencana pada Tanggal 26 April 2021 dengan Tema : "Siap Untuk Selamat" dan Sub Terna : "Latihan Membuat Kita Selamat dari Bencana".

Selanjutnya terkait dengan Himbauan Bapak Presiden Republlk Indonesia sebagaimana tersebut, yang memandang penting upaya kesiapsiagaan bencana di tengah upaya percepatan penanganan Covid 19 melaluli peningkatan kesadaran masyarakat, maka dengan ini dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2021, SMP Negeri 1 Panarukan turut serta dalam membentuk lingkungan sekolah yang leblh Tangguh dalam menghadapi bencana.

Adapula  kegiatan yang kami lakukan dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) adalah sebagai berikut :

1. Kegiatan Pelatihan Simulasi Evakuasi Mandiri Bencana

2. Uji Sistem peringatan dini dengan membunyikan sirine

Kami berharap dengan adanya Hari Kesiapsiagaan Bencana ini dapat membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan warga SMP Negeri 1 Panarukan menuju Sekolah Tangguh Bencana.